Wednesday, November 19, 2008

Menyimpan file cache dengan Browser Opera

Saya berniat untuk menyimpan file lagu online yang hanya bisa saya dengar. Karena saya berpikir: tentunya file lagu ini saya bisa dengar berulang kali walaupun saya tidak secara explisit/sengaja mengunduh file tersebut, karena secara fisik file tersebut sudah berada di harddisk lokal saya. Logika ini yang saya pegang!!

Terus, how and what?

Untuk mencari tahu, saya browsing dengan Uncle Google, beberapa metode saya coba. Tapi somehow, kali ini Uncle Google doesn’t help me much…, belum ketemu solusinya. Akhirnya saya menghentikan pencarian, dan saya memutar otak mencari jawaban sendiri. Ngga perlu plugIns, third part tool, atau yang lain, jawabannya ada di daya kreatifitas dan nalar saya.

Pendek kata setelah oprek sana oprek sini, dalam hitungan 3 menit (kelamaan ya..??) saya ketemu jawabannya.

Ya, berikut adalah langkah-langkahnya:


  1. Unduh berkas seperti biasa,

    Tunggu file di-buffering hingga 100%


  2. Klik kanan di area halaman web, akan muncul pop up menu,

    Pilih “Save as Quicktime Movie”.


  3. Simpan disembarang tempat, tapi Anda harus ingat sembarang tempat tersebut (folder) karena nanti kita akan akses juga kan,

  4. Anda tentu bertanya koq disimpan jadi dalam format *.mov, padahal yang diunduh kan berkas lagu, *.mp3. Ga pa pa.

    Nah disitu triknya. Setelah tersimpan, browse ke folder file itu lalu rename ekstensinya dari *.mov ke *.mp3,


  5. Jangan perdulikan pesann yang lain, pencet tombol “OK”.

    Atau..., dengan perintah DOS cukup dengan perintah:

    rename Selamat_Pagi_Indonesia.mov Selamat_Pagi_Indonesia.mp3


  6. Udah selesai, lagu sudah tersimpan dengan benar dan siap untuk didengar.

  7. Semoga bermanfaat.


Kamus:
Unduh=download
Berkas=file


browsing=mencari di alamat tertentu, bisa berupa folder (harddisk lokal) maupun alamat halaman web di internet


Dokumen in juga bisa diakses dan dilihat di alamat berikut: bontor-pakpahan.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment