Monday, September 15, 2008

LEADERSHIP IMPERATIVES

Leadership Imperatives... merupakan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh para pemimpin untuk dapat mencapai keberhasilan dalam lingkungan yang terus menerus berubah yaitu :
1. Mencapai Hasil dengan MEMBIMBING dan MENGEMBANGKAN (Coach and Develop for Result)
Para pemimpin menyelesaikan suatu pekerjaan melalui bantuan orang lain. Kemampuan untuk melakukan bimbingan untuk sukses atau untuk memperbaiki kinerja sangatlah penting agar kelompok kerja bisa mencapai hasil. Mengembangkan orang lain melalui pelatihan dan pengalaman terarah adalah salah satu kontribusi penting bagi organisasi.

2. MENDORONG KINERJA (Drive Performance)
Para pemimpin bertanggung jawab untuk mendapatkan hasil, baik dari diri sendiri maupun dari kelompok kerja. Menentukan sasaran kinerja dan memberikan tanggung jawab itu penting dalam proses untuk mencapai hasil yang diinginkan.

3. Memberikan INSPIRASI untuk tumbuhnya loyalitas dan kepercayaan (INSPIRE Loyalty and Trust)
Mempertahankan karyawan yg bertalenta adalah tugas pemimpin, dan kuncinya adalah kepuasan kerja karyawan. Para pemimpin yang baik mampu menciptakan lingkungan kerja yang dapat memaksimalkan talenta karyawan, dan para karyawan mampu mencapai atau melebihi target yang ditentukan.

4. MENGELOLA Pekerjaan (Managework)
Para pemimpin perlu mengelola sumber daya, waktu dan anggaran secara efektif untuk memenuhi sasaran kelompok kerja.

5. Mengembangkan KEMITRAAN inter dan antar kelompok (PARTNER within and across teams)
Untuk menjadi pemimpin yang efektif, baik didalam kelompok formal ataupun informasl, peran penting kepemimpinan adalah menciptakan dan memelihara kelompok yang berkinerja tinggi serta kemitraan antar bagian.

6. MEMPENGARUHI dengan menggunakan kemampuan interpersonal (Influence through personal power)
Para pemimpin perlu menyelesaikan pekerjaan tanpa harus menggunakan kedudukannya, selain karena hal tsb memang tidak pantas, juga karena mereka memimpin rekan kerja atau orang lain yang bukan merupakan bawahan langsung.

7. MEMILIH individu yang BERPOTENSI (Select Talent)
Mengidentifikasi, mengevaluasi dan menyeleksi talenta internal dan eksternal merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh para pemimpin.

JUST FOR SHARING....Slm.

KJS

2 comments:

Anonymous said...

Idealnya memang begitu,....
Tetapi sejujurnya sangat sulit diaplikasikan di pemerintahan.
Siapa yang gak tau teori kepemimpinan, semua sudah dipelajari dan ada diklatnya pula tuch, but yang menjadi masalah adalah keengganan melaksanakannya. Kasian yaa,....
Bangsoku on..

Salam,
Rita Hutagalung
Aktifis 1'96

john said...

Hi RIta How are you doing?
Where are you graduated from?
Thank's and nice to meet you

John
Fisik 93

Post a Comment